CARA SETTING MESIN INJECTION PLASTIK


Berikut akan saya uraikan tentang cara dasar menyetel atau setting produk untuk mesin injection plastik.

Yang pertama pertama atur temperatur barrel sesuai dengan material data sheet (MSDS).Hingga temperartur tercapai.Periksa kelengkap mold,sirkulasi cooling dan kondisi mold yang akan di setting.

Bersihkan permukaan core dan cavity dari anti karat dengan lap bersih.Pada waktu membersihkan mold harap diperhatikan jika mould memakai slider. Sering slider tersebut tersenggol dengan tidak sengaja dan menyebabkan posisi home slider berubah.Hal ini dapat mengakibatkan slider tersebut bertabrakan dengan angular pin sehingga angular pin patah atau bengkok.

Setelah permukaan core dan cavity selesai dibersihkan dari anti karat kemudian kita lanjutkan dengan fpenyetelan mold close dan mold open.
Yang perlu di perhatikan dalam setting mold close, open adalah konstruksi mold dan posisi limit switch perpindahan kecepatan serta posisi limit swtich highpress. Aturan dasar penyetelan mold close adalah mold close high speed—->mold close slowdown & lowpress——>moldclose highpress.

Posisi limit switch low press diposisikan sebegai berikut 2.5 cm sebelum angular pin atau guide pin masuk ke dalam bushing limit switch tersebut harus tersentuh. Hal ini diperlukan agar waktu cetakan menutup tidak terjadi benturan yang keras antara core dengan cavity.
Untuk penyetelan posisi high press untuk sementara di kosongkan terlebih dahulu.
Setelah kita sesuaikan speed serta jarak limit switch untuk mold close dengan kontruksi mold kita lanjutkan dengan penyetelan mold open.
Penyetelan mold open kebalikan dari mold close yaitu mold open slow—–+>mold open high speed—–>moldopen slow —–+>open stop.
aturan dasar nya 2cm setelah guide pin atau angular keluar dari bushing mold open high speed limit switch tersentuh.
Kemudian kita atur posisi mold open stop.Lebar pembukaan cetakan minimal 2 X panjang produk + panjang runner.

Setelah disetting open closs kemudian ditest pergerakan mold close mold open.Inti dari penyetelan ini adalah cetakan aman dan pergerakan efisien .Kemudian tutup hingga rapat mold baru limit switch high preess disentuhkan,penyetelan limit switch ini sesesitif mungkin dengan tujuan apabila terdapat benda asing atau pergerakan mold tidak lancar tidak terjadi high press sehingga mold tidak rusak.Pressure maksimal highpress adalah 140Kg/cm² ,sedang low press tekanan maksimail 55kg /cm².
Langkah berikutnya adalah menyetel ejector.Atur panjang stroke eject hingga produk mudah diambil atau jatuh dan plat ejector tidak boleh sampai mentok dengan plat bagian belakang core.
Berikutnya adalah seting injection,pertama tama atur inject time,atur dengan perkiraan waktu pengisian material ke dalam mold tersebut .kemudian atur posisi standard injection speed dan press .Untuk injection speed simbolnya V,sedang press injection P dan posisi perpindahan tekanan serta speed Pos. V1= 25 ,V2=40 ,V3= 30 ,P1= 40 ,P2=60 ,P3= 35 . Untuk pos atur dari Pos1 hingga Pos3 dengan perkiraan Produk jadi 90 % ,dan 10 % nya menggunakan holding. Ini adalah cara penyetelan untuk produk produk yang umum,karena penyetelan produk ini sangat banyak variasinya tergantung kebutuhan.Semakin banyak kita menghadapi problem proses penyetelan semakin mahir kita mensseting produk.
Berikutnya penyetelan Charging atau banyaknya material yang kita butuhkan dalam membuat produk pada satu shot.
Atur Stroke Material dengam perkiraan dengan berat produk sebelum nya atur kecepatan putar screw 60% dan Back press 10 kg/cm².Fungsi dari back press adalah menstabilkan turunya material ke dalam screw.
Kemudian mesin dijalan kan secara manual.Mold close —->high press—->Inj. unit forward—>inject—–>Charging—->Cooling—->open—->Eject.
Bila sudah di inject secara manual kita setting hingga produk jadi 60& sd 80% kita jalan kan semi otomatis hingga produk menjadi 80 % sd 90%,baru kita setting holding speed,Holding press dan Holding time hingga produk menjadi 100% ,sesuai dengan qualitas produk yang kita harapkan.

Demikian cara setting mesin injection plastik saya uraikan berdasarkan pengalaman saya di lapangan.Cara seting ini bukan merupakan pedoman,karena seting mesin injection ini banyak variasinya dan merupakan sebuah seni.Tetapi inti dari semua setting ini adalah aman baik mesin,mold,manusianya—,Kwalitas—,dan efisien .

Leave a Reply